Nagan Raya Raih Juara Masakan Aceh di Jakarta

SUKA MAKMUE – Warga Kabupaten Nagan Raya yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Nagan Raya (IKNR) Aceh di Jakarta, Minggu (6/10) berhasil meraih juara pertama Lomba Masakan Khas Aceh 2013 yang diselenggarakan Pemerintah Aceh di Anjungan Aceh di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Atas keberhasilan ini, Nagan Raya berhak memboyong piala Ny Niazah Hamid Zaini Abdullah selaku istri Gubernur Aceh yang diserahkan oleh Ny Ida Hasbi Abdullah, disaksikan sejumlah pengurus Anjungan Aceh di TMII termasuk perwakilan dari daerah lainnya di Indonesia, serta dari Australia.
Sementara juara II diraih Aceh Selatan, Juara III Pidie, Juara Harapan I Aceh Barat Daya, Juara Harapan II Aceh Selatan, dan Juara Harapan III diraih oleh Nagan Raya.
Kepada Serambi, Ny Ida Hasbi Abdullah mengatakan kegiatan Lomba Masakan Khas Aceh 2013 ini merupakan kegiatan tahunan Pemerintah Aceh dalam mempromosikan masakan daerah kepada masyarakat di nusantara dan internasional, dengan harapan masakan ini menjadi daya tarik untuk peningkatan wisata kuliner di Serambi Mekkah.
Di samping itu, kegiatan tersebut diharapkan akan menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap masakan Aceh, dan terus melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur.
Sedangkan dewan juri dalam kegiatan ini terdiri dari Dra Hj Cut Trisnawati, Dra Mariani Haroen, serta Trimawarsanti.
Sementara itu, Ketua Umum IKNR Aceh di Jakarta, Khalidin kepada Serambi mengaku senang atas keberhasilan ini, mengingat juara pertama dalam kegiatan Lomba Masakan Khas Aceh yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh ini telah diraih selama tiga kali berturut-turut sejak tahun 2011 lalu.
Ia mengaku keberhasilan yang diraih oleh Nagan Raya ini merupakan wujud kekompakan masyarakat setempat, untuk mengembangkan kebudayaan sekaligus mewarisi masakan khas Aceh supaya dikenal luas oleh masyarakat di nusantara hingga ke mancanegara.Sumber : Serambi Indonesia